3 Cara Mengkonsumsi Daun Sambung Nyawa

3 Cara Mengkonsumsi Daun Sambung Nyawa

Tanaman Sambung Nyawa, juga dikenal sebagai Gynura procumbens, merupakan tanaman herbal yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman ini memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa dan telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengonsumsi sambung nyawa untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.



Inilah 3 Cara Mengkonsumsi Daun Sambung Nyawa


1. Teh Daun Sambung Nyawa

Cara mengonsumsi daun sambung nyawa yang paling umum adalah dengan di jadikan teh. Berikut adalah cara membuat teh daun sambung nyawa:

  • Ambil 5-10 lembar daun sambung nyawa segar.
  • Rebus daun dalam 2 gelas air sampai airnya berkurang menjadi setengahnya.
  • Rebus dengan api kecil, tunggu beberapa menit sampai air berubah menjadi warna hijau.
  • Saring dan dinginkan sejenak. Anda juga bisa menambahkan topping madu, buah atau pemanis lainnya jika diinginkan.


2. Jus Daun Sambung Nyawa

Selain teh, anda juga bisa mengkonsumsi daun sambung nyawa dengan di jadikan sebagai jus daun sambung nyawa. Berikut adalah cara membuatnya:

  • Ambil 7-10 lembar daun sambung nyawa segar.
  • Cuci bersih lalu blender dengan di campurkan 1 gelas air.
  • Saring dan tambahkan madu, buah atau pemanis lainnya jika diinginkan.



3. Di Jadikan Sebagai Lalapan

Bagi mereka yang tidak puas dengan rasa, daun sambung nyawa bisa juga dikonsumsi langsung. Cara ini memastikan Anda mendapatkan semua nutrisi yang ada di daun. Anda bisa menambahkannya ke dalam salad atau makan langsung sebagai lalapan.


Daun sambung nyawa adalah tanaman obat yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Baik dibuat teh, jus, atau dikonsumsi langsung, daun ini bisa menjadi tambahan yang sehat untuk diet Anda. Namun, berjanji untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum memulai penggunaan herbal baru, termasuk daun sambung nyawa.


Demikianlah cara konsumsi daun sambung nyawa. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda memanfaatkan daun sambung nyawa dengan cara yang sehat dan benar.

LihatTutupKomentar